Ahlan wa Sahlan Ramadhan - 1 Ramadhan 1440 H


Selalu saja kedatangan bulan Suci Ramadhan disambut riang gembira oleh Umat Islam sedunia. Pasalnya, ada pemahaman bahwa kebaikan-kebaikan dilipatgandakan, setan dibelenggu dan pintu surga dibuka lebar-lebar.

Bagi yang orientasinya ukhrawi, Ramadhan adalah momentum emas untuk mengumpulkan pundi-pundi amal. Tidak akan disia-siakan Ramadhan yang ia masuki. Maka, menyambut Ramadhan disiapkan rencana amal-amal shaleh dimulai dari tilawah, tadarus, kuliah shubuh, kuliah dhuha, kuliah duhur, tarawih, kultum, sedekah, dll..

Namun tidak menutup kemungkinan ada diantara mereka yang bahagia menyambut Ramadhan adalah karena omset akan segera naik. Maklum, bisnis atau usaha mereka adalah musiman. Jika hari-hari biasa omset standar, saat memasuk Ramadhan omset “gila-gilaan”. Menginginkan hal ini saya kira tidak menjadi masalah. Namun yang disayangkan adalah ketika hal ini yang menjadi orientasi satu-satunya kebahagiaan menyambut Ramadhan. Ini hanya bonus. “Gaji pokoknya” adalah keberkahan dan limpahan kebaikan yang Allah berikan. Kejar “gaji pokok” nanti bonusnya Allah kasih cash.



Ahlan wa Sahlan Ramadhan 1440 H…
Semoga kami bisa menyelamatkanmu dari kezaliman diri kami dan semoga kami mampu menjadi pribadi yang dikehendaki syariat Shaum Ramadhan, menjadi pribadi bertakwa…

اَللَّهُمَّ أَهِلَّهُ عَلَيْنَا بِالْيُمْنِ وَالْإِيْمَانِ وَالسَّلَامَةِ وَالْإِسْلَامِ رَبِّيْ وَرَبُّكَ اللهِ
“Ya Allah, nampakkanlah hilal kepada kami dengan keamanan dan keimanan, dengan keselamatan dan Islam; Rabbku dan Rabbmu adalah Allah.”

Tasikmalaya, 17.42 WB; tepat adzan maghrib berkumandang…

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Dunia Bagai Lautan Yang Dalam, Banyak Orang Tenggelam - Nasehat Luqmanul Hakim

Empat Tanda Memeroleh Kebaikan Dunia dan Akhirat

Ibnu Mas'ud, "Sesungguhnya Aku Benci Seseorang Yang Menganggur"

Da`ul Umam: Penyakit Hati Penyakit Masyarakat

Tahukah Anda Apa Makna Salam Dua-Tiga Jari Metal?