Makna Sedekah



Mari kita pahami apa itu sedekah...

Menuru etimologi, sedekah berasal dari kata shaduqa yang artinya jujur, benar. Kita mengenal gelar ash-Shiddiq untuk Abu Bakar yang disandangkan ketika beliau sebagai sahabat pertama yang membenarkan peristiwa Isra dan Mi’raj Nabi saw. 

Waktu itu banyak kaum musimin yang goyah keimanannya mendengar pernyataan bahwa Nabi telah Isra` Mi’raj hanya dalam satu malam. Secara logika memang tidak mungkin perjalanan dari Masjidil Haram ke Masjidil Aqsha kemudian berkeliling ke Shidratul Muntaha, melihat-lihat surga dan neraka kemudiann menerima wahyu tentang Shalat lima waktu; hanya dilakukan dalam satu malam saja. Pantas banyak orang Islam saat itu yang goyah. Menyangka bahwa Nabi Muhammad adalah al-majnun (gila) dan tukang bual. Dengan tampilnya Abu Bakar membenarkan pernyataan Isra` Mi’raj Nabi Muhammad, maka para sahabat lain ikut membenarkan dan memantapkan keimanannya. Maka, dengan peristiwa tersebut Abu Bakar digelari Ash-Shiddiq alias orang yang membenarkan.

Adapun secra terminologi, sedekah adalah:
مَا تُعْطَى عَلَى وَجْهِ التَّقَرُّبِ إِلَى اللهِ تَعَالَى
“Sesuatu yang diberikan untuk mendekatkan diri kepada Allah ta’ala”.

Dari definisi etimologi bisa diambil kalimat inti bahwa sedekah itu merupakan bukti bahwa kita benar beriman. Selain itu, sedekah merupakan tuntutan agar kita jujur dalam mengalokasikan harta. Jangan sampai punya harta cukup tetapi alokasi untuk sedekah sangat sedikit. Ini tidak adil dengan pemberian Allah yang melimpah. Sedangkan dari definisi secara etimologi dapat ditarik benang merah bahwa sedekah itu tujuannya hanya satu yaitu untuk mendekatkan diri kepada Allah. Inilah pokok yang harus dipegang dalam bersedekah sehingga sedekah yang ditunaikan berjalan sesuai fitrahnya yakni sebagai pengalir pahala.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Dunia Bagai Lautan Yang Dalam, Banyak Orang Tenggelam - Nasehat Luqmanul Hakim

Empat Tanda Memeroleh Kebaikan Dunia dan Akhirat

Ibnu Mas'ud, "Sesungguhnya Aku Benci Seseorang Yang Menganggur"

Da`ul Umam: Penyakit Hati Penyakit Masyarakat

Tahukah Anda Apa Makna Salam Dua-Tiga Jari Metal?