Jutaan Kebaikan dari Tilawah al-Quran - Diari Ilmu #16


Satu diantara kewajiban sebagai seorang muslim adalah tilawah al-Quran. artinya, jika seorang muslim enggan membaca al-Quran, ia termasuk maksiat kepada Allah dan Rasul-Nya. Maka, sangat perlu kita menetapkan azam, “Tiada tanpa membaca al-Quran”. Harus merasa kurang dan rugi ketika ada satu hari dalam hidup kita kosong dari membaca al-Quran.

Nah, kali ini saya akan sedikit menjelaskan tentang kebaikan-kebaikan yang ada di dalam ibadah tilawah al-Quran. Namun, penjelasannya singkat dan padat saja. Semoga tidak mengurangi esensi dan nilai yang terkandung di dalamnya.

1. Bisnis Yang Tidak Pernah Rugi
Keutamaan pertama dari membaca al-Quran, Allah sebutkan dalam al-Quran itu sendiri. tepatnya Surat Fathir ayat 29. Allah SWT berfirman:


إِنَّ الَّذِينَ يَتْلُونَ كِتَابَ اللَّهِ وَأَقَامُوا الصَّلَاةَ وَأَنْفَقُوا مِمَّا رَزَقْنَاهُمْ سِرًّا وَعَلَانِيَةً يَرْجُونَ تِجَارَةً لَنْ تَبُورَ
“Sesungguhnya orang-orang yang selalu membaca kitab Allah, mendirikan shalat dan menafkahkan sebagian dari rezeki yang Kami anugerahkan kepada mereka dengan diam-diam dan terang-terangan, mereka itu mengharapkan perniagaan yang tidak akan merugi.”

Bisnis dengan sesama manusia itu fluktuatif, kadang untung kdang rugi. Tetapi, “bisnis” dengan Allah tidak ada ruginya. Selalu untung. Dan, satu diantara jenis “bisnis” dengan Allah ini adalah tilawah al-Quran.

2. Sepuluh Kebaikan Per Huruf
Dalam sebuah hadits Rasulullah menjelaskan keutamaan tilawah al-Quran. Beliau menggunakan kalkulasi angka, mungkin untuk memudahkan kita menghitung dan kemudian tujuannya adalah agar terstimulus untuk membaca al-Quran.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

مَنْ قَرَأَ حَرْفًا مِنْ كِتَابِ اللَّهِ فَلَهُ بِهِ حَسَنَةٌ وَالْحَسَنَةُ بِعَشْرِ أَمْثَالِهَا لاَ أَقُولُ الم حرْفٌ وَلَكِنْ أَلِفٌ حَرْفٌ وَلاَمٌ حَرْفٌ وَمِيمٌ حَرْفٌ
“Siapa yang membaca satu huruf dari Al Quran maka baginya satu kebaikan dengan bacaan tersebut, satu kebaikan dilipatkan menjadi 10 kebaikan semisalnya dan aku tidak mengatakan الم satu huruf akan tetapi alif satu huruf, lam satu huruf dan mim satu huruf.” (HR. Tirmidzi).

Dalam hadits tersebut jelas bahwa 1 huruf pahalanya 10 kebaikan. Bayangkan saja, seandainya satu kali kesempatan kita membaca 1.000 huruf, maka kalkulasinya 1.000 dikali 10 kebaikan, sama dengan 10.000 kebaikan di dapat hanya dari sekali membaca al-Quran.



3. Pembaca Syafaat Nabi
Di hari akhirat nanti, syafaat Rasulullah akan menjadi kebutuhan yang mewah dan mahal. Tidak semua orang akan mendapatkannya. Satu diantara orang yang kelak akan mendapat syafaat dari Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam adalah ia yang bersahabat dengan al-Quran yang salah satunya adalah menggiatkan membaca al-Quran.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

 اقْرَءُوا الْقُرْآنَ فَإِنَّهُ يَأْتِى يَوْمَ الْقِيَامَةِ شَفِيعًا لأَصْحَابِه
“Bacalah oleh kalian al-Quran karena ia akan datang pada hari kiamat sebagai pembawa syafaat bagi para sahabatnya.” (HR. Muslim).

4. Sejajar dengan Malaikat
Keutamaan membaca al-Quran selanjutnya adalah akan bersama dengan para malaikat yang taat. Ini dijelaskan oleh Rasulullah:

الَّذِي يَقْرَأُ القُرْآنَ وَهُوَ مَاهِرٌ بِهِ مَعَ السَّفَرَةِ الكِرَامِ البَرَرَةِ، وَالَّذِي يَقْرَأُ الْقُرْآنَ وَيَتَتَعْتَعُ فِيهِ وَهُوَ عَلَيْهِ شَاقٌّ لَهُ أجْرَانِ
“Orang yang mahir membaca al-Quran, dia berada bersama para malaikat yang terhormat dan orang yang terbata-bata di dalam membaca al-Quran serta mengalami kesulitan, maka baginya dua pahala.” (HR. Muslim)

Orang yang rajin membaca al-Quran adalah very important person (vip) di mata Allah SWT. Masa iya kita tidak terstimulus untuk meraihnya?

5. Lebih Baik Daripada Harta
Orang kaya dihormati karena kekayaannya. Apalagi, orang kaya yang shalih, bukan hanya manusia yang menghormati, Allah pun akan menghargainya. Semua orang menginginkannya, termasuk saya. Hehe…

Namun, jangan merasa kecil ketika impian ideal ini tidak tercapai. Kalaulah kekayaan dunia tidak bisa diraih sesuai keinginan, pilihlah kekayaan akhirat. Caranya adalah sebagaimana yang Nabi jelaskan di hadits ini:

أَيُّكُمْ يُحِبُّ أَنْ يَغْدُوَ إِلَى بُطْحَانَ أَوِ الْعَقِيقِ فَيَأْخُذَ نَاقَتَيْنِ كَوْمَاوَيْنِ زَهْرَاوَيْنِ بِغَيْرِ إِثْمٍ بِاللَّهِ عَزَّ وَجَلَّ وَلاَ قَطْعِ رَحِمٍ ؟ قَالُوا : كُلُّنَا يَا رَسُولَ اللَّهِ. قَالَ: فَلِأَنْ يَغْدُوَ أَحَدُكُمْ كُلَّ يَوْمٍ إِلَى الْمَسْجِدِ فَيَتَعَلَّمَ آيَتَيْنِ مِنْ كِتَابِ اللَّهِ عَزَّ وَجَلَّ خَيْرٌ لَهُ مِنْ نَاقَتَيْنِ وَإِنْ ثَلاَثٌ فَثَلاَثٌ مِثْلُ أَعْدَادِهِنَّ مِنَ الإِبِلِ
“Siapa di antara kalian yang ingin setiap hari pergi ke Bathhan atu ‘Aqiq kemudian kembali dengan membawa dua ekor onta besar dan gemuk tanpa sedikitpun ada dosa dan memutuskan tali silaturrahim?” Kami menjawab: “Kami semua ingin hal itu wahai Rasulullah”. Beliau bersabda: “Kedatangan kalian setiap hari ke masjid kemudian mempelajari dua ayat Alqur’an itu lebih berharga daripada dua ekor onta, mempelajari tiga ayat lebih berharga daripada tiga ekor onta, empat ayat lebih berharga daripada empat onta, dan seterusnya”. (HR. Muslim)

Hadits tersebut memberi simpulan bahwa, mempelajari dan membaca al-Quran lebih baik dari harta benda yang dimiliki, berapapun banyaknya harta tersebut. Maka, orang kaya yang sejati adalah ia yang menggiatkan dirinya dalam tilawah al-Quran. Yakinkan diri kita, ada jutaan kebaikan dari tilawah al-Quran.

Allahul musta’an, wallahu a’lam


Abiena Yuri (IG)   


Sabtu, 16 Ramadhan 1441 H/9 Mei 2020 M

Video Kajiannya bisa dilihat di sini: AbienaYuri

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Dunia Bagai Lautan Yang Dalam, Banyak Orang Tenggelam - Nasehat Luqmanul Hakim

Empat Tanda Memeroleh Kebaikan Dunia dan Akhirat

Ibnu Mas'ud, "Sesungguhnya Aku Benci Seseorang Yang Menganggur"

Da`ul Umam: Penyakit Hati Penyakit Masyarakat

Tahukah Anda Apa Makna Salam Dua-Tiga Jari Metal?